Tips Sukses Mengkuti Interview Kerja

loading...

Dalam dunia kerja pastilah tidak asing dengan interview. Mungkin sebagian besar pelamar kerja pun berfikir ini merupakan tahapan yang paling sulit dalam seleksi mendapatkan pekerjaan. Interview merupakan kegiatan wawancara antara sang pencari kerja dan HRD/Direktur dari suatu perusahaan yang di lamar. Tahapan interview biasanya terdapat di bagian akhir seleksi kerja.

Baiklah para Jobseeker, admin akan membagikan  pengalaman interview yang pernah dilakukan dan langkah- langkah yang ditempuh untuk lulus di tahapan interview.

  • Mental dan Fisik

Sebelum menghadiri interview pastilah harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Karena dalam suatu interview kalian akan di serang dengan beberapa pertanyaan, yang pastinya akan membuat gugup/tertekan. Untuk itu istirahat dan makanlah secukupnya sebelum menghadiri interview agar membuat fisik serta otak kita lebih fresh dalam ruangan. Jangan lupa berdoa yah…ini penting untuk membangkitkan motivasi dan menguatkan mental kalian.

  • Belajar

Jangan harap lulus kalau kalian tidak belajar mempersiapkan diri sebelum interview. Belajar disini maksud admin yaitu memperdalam pengetahuan kita seputar Curriculum Vitae kalian dan profil perusahaan yang dilamar. Kenapa kalian harus belajar mengenai CV dan profil perusahaan? Jelas karena kalian akan di sugukan pertanyaan seputar info pribadi yang tertuang di CV anda, contohnya jelaskan tentang diri anda? apa kelebihan/kekurangan anda? Jawaban yang tahu hanya diri kalian pribadi. Profil perusahaan wajib anda ketahui, karena nantinya kalian akan diberi pertanyaan seperti apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini? kalian bisa mencari informasi perusahaan dari internet maupun teman kalian yang bekerja di perusahaan tempat anda melamar.

  • Penampilan

Ingat ! Penampilan penting dalam menghadiri interview, alasannya karena mempunyai bentuk penilaian yang disebut Dresscode. Penampilan yang baik dalam menghadiri interview dengan memakai pakaian (kemeja) yang rapi, sepatu, dan usahakan tatanan rambut juga rapi. Karena perekrut dari perusahaan awal menilai kalian dari seberapa rapi dan baik penampilan kalian serta pantas untuk dipertimbangkan bergabung.

  • Tata Krama 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam interview salah satunya tata krama. Ini merupakan hal yang kadang membuat kita gagal dalam interview. Usahakan sopan di dalam ruangan interview. Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jabat tangan yang akan interview anda, sopan dan jangan memotong pembicaraan sang perekrut. Jawablah ketika selesai ditanya, jawaban anda pun harus singkat, padat dan jelas.

Begitulah sedikit pemahaman admin mengenai kesusksesan dalam interview kerja seperti yang saya jelaskan diatas dan Alhamdulillah admin sendiri sudah lulus interview dan sekarang kerja di sebuah perusahaan. Apabila ada yang kurang jelas, silahkan meninggalkan komentar.

#Semoga bermanfaat dan sukses buat kalian semua ….

Advertisements
loading...
About mun09 255 Articles
Sosok lelaki yang mencari kesenangan dimanapun dan kapanpun. Mencoba sukses dengan berusaha semaksimal mungkin. " Usaha tidak pernah mengkhianati hasil "

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan