Monetisasi Blog WordPress dengan WordAds, Akhirnya Diterima WordAds

loading...
wordads
Lingkarglobal.com - monetisasi blog wordpress dengan wordads

Hallo sahabat blogger !

Saya seorang blogger pemula yang baru saja diterima jadi publisher WordAds. Saya menulis artikel ini untuk berbagi sedikit pengalaman saya yang akhirnya keterima WordAds.

Bagi anda seorang blogger WordPress yang telah senior atau seorang master blog, tentu tidak asing dengan WordAds. Sedikit saya akan beri penjelasan mengenai WordAds terlebih dahulu biar seorang pemula seperti saya ini bisa paham. WordAds merupakan program periklanan yang dikhususkan untuk para blogger pengguna Worpress.com atau bisa juga menggunakan WordPress self host untuk menghasilkan pundi – pundi dollar dari blog yang dikelola.

WordAds sendiri mulai diperkenalkan pada November 2011, yang hanya dikhususkan untuk pengguna wordpress.com saja. Sampai saat ini, WordAds menjadi sumber penghasilan atau program pengiklanan yang sangat diharapkan oleh para blogger wordpress.

Bagaimana untuk pengguna WordPress self-host (WordPress.org) , Apakah bisa menjadi publisher/member pengiklanan dari WordAds?

Tentu saja bisa, pada tahun 2016 telah ada kebijakan baru yang dikeluarkan dari pihak WordAds dengan memperkenal update terbaru WordAds 2.0. Yang semula hanya bagi pengguna worpress.com saja kini telah bisa dipasang juga di WordPress self-host (WordPress.org). Saya sendiri pengguna Wordpress self-host (WordPress.org) dan telah berhasil diterima menjadi publisher mereka.

Dari pengalaman pribadi dan hasil review dari beberapa bacaan dari blog para master, ada beberapa syarat khusus untuk bisa menjadi publisher WordAds bagi pengguna Wordpress self-host (WordPress.org).

  • Harus menggunakan domain TLD 

Domain TLD (Top Level Domain) merupakan domain tingkat atas yang atau segmen terakhir dari URL ( seperti .com, .net, .id atau sejenisnya).

  • Menginstal plugin Jetpack

Plugin jetpack merupakan plugin yang akan menyambungkan blog Wordpress self-host (WordPress.org) dengan wordpress.com (kalian harus membuat akun di wordpress.com terlebih dahulu), yang memiliki fungsi yang cukup melimpah.

  • Menginstal plugin Adcontrol

Plugin Adcontrol berfungsi untuk memasang iklan dari Wordads (ketika diterima sebagai publisher). Pengaturan iklan WordAds dapat dilakukan menggunakan plugin ini.

Jadi ketiga hal diatas wajib dilakukan sebelum mendaftar di WordAds.

Apakah tidak ada standar traffic pengunjung blog atau apakah ada batasan umur suatu blog baru bisa mendaftar?

Untuk pertanyaan ini, pertama saya akan membahas traffic pengunjung. Mengenai Traffic pengunjung blog sistemnya sedikit membingungkan buat saya. Dari pengalaman pribadi untuk blog ini, saya mendapatkan kunjungan 500 – 800 tiap harinya. Awal daftar dapat balasan dari tim WordAds bahwa “traffic anda tidak memenuhi standar atau syarat untuk diterima”. Namun 2 hari kemudian saya mencoba melakukan kontak dengan tim WordAds dan mendapatkan balasan email “selamat anda telah diterima sebagai publisher WordAds.

Jadi menurut saya pribadi, standar penilaian traffic pengunjung untuk di terima WorAds cukup membingungkan. Dari beberapa artikel yang saya baca bahwa, kita harus mendapatkan sekitar minimal 1000 pengunjung tiap harinya agar dapat diterima di WordAds. Namun hal ini terbantahkan dengan diterimanya blog ini.

Kemudian untuk masalah umur blog sendiri, saya juga cukup bingung dengan hal ini. Kalau untuk mendaftar di Google Adsense syarat utama yaitu umur blog telah mencapai minimal 6 bulan agar dapat mendaftar sebagai publisher. Lain hal dengan di WordAds tidak ada standar penilaian tersendiri untuk hal ini. Sebelum blog ini diterima, Blog ini masih berumur 10 hari tepat saya mendaftar dan 2 hari kemudian setelah melakukan kontak ke tim WorAds langsung diterima. Saya melakukan kontak melalui form kontak dan mengatakan,

“Saya telah mendaftar di WorAds, kapan saya bisa diterima? (dalam bahasa inggris)”

Jadi kesimpulannya dari pengalaman saya, mendaftar WordAds tidak ada syarat traffic dan umur blog yang menentu. Selain syarat khusus diatas yang wajib menggunakan Domain TLD, menggunakan plugin Jetpack (bagi pengguna wordpress self-host) dan Plugin Adcontrol untuk pemasangan iklan.

Jadi bagi rekan – rekan blogger sekalian yang menggunakan platform wordpress, silahkan mencoba daftarkan blog anda ke WordAds apabila anda ingin menghasilkan uang dari blog anda. Bagi yang masih minim pengunjung dan mempunyai blog baru, jangan pesimis untuk ditolak. Selagi meningkatkan kualitas konten dan pengunjung, tidak ada salahnya melakukan monetisasi pada blog anda. Lumayan kalau dapat duit dari jerih payah anda menulis buat nutup pembayaran hosting/domain tiap tahunnya.

Bagi kalian yang ingin mendaftar WordAds, bisa melalui link ini https://wordads.co/

Sekian dan terima kasih telah meluangkan waktunya membaca pengalaman pribadi saya….

Salam Blogger…

Salam Pengguna WordPress

Dan Salam Sukses buat semuanya

 

 

 

 

 

Advertisements
loading...
About mun09 255 Articles
Sosok lelaki yang mencari kesenangan dimanapun dan kapanpun. Mencoba sukses dengan berusaha semaksimal mungkin. " Usaha tidak pernah mengkhianati hasil "

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan